Google search engine
BerandaNasionalBawaslu Polman Gelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Saksi

Bawaslu Polman Gelar Pelatihan Penguatan Kapasitas Saksi

Polewali Mandar, tvrisulbarnews – Menjelang pesta demokrasi pemilu 2024,Badan Pengawas Pemilu kabupaten Polewali Mandar menggelar pelatihan penguatan saksi peserta pemilu 2024,yang dilaksanakan di salah satu hotel di Polewali.Jumat 29 Desember 2023.

Kegiatan menghadirkan peserta Pemilu yang terdiri dari badan saksi Parpol, koordinator saksi calon anggota DPD dan tim pemenangan calon dan wakil presiden serta para penggiat Pemilu dan media massa.

Dalam kesempatan ini,koordinator divisi hukum dan penyelesaian sengketa Bawaslu Polewali Mandar Rahmaniah mengatakan, kegiatan dimaksudkan untuk menyatukan persepsi antara peserta Pemilu dengan Bawaslu terkait dengan keberadaan saksi dari peserta Pemilu, utamanya dalam proses pemungutan dan penghitungan suara.

“kegiatan ini adalah langkah awal sebelum akhirnya nanti akan ada pelatihan saksi di level bawah, artinya kegiatan ini merupakan pra kondisi penyatuan persepsi antara peserta Pemilu dengan kami di Bawaslu,” ujarnya.

Dikatakan Rahmaniah dalam kegiatan yang menghadirkan peserta Pemilu itu, diharapkan memberikan pemahaman kepada peserta Pemilu untuk dapat menyiapkan para calon saksi sedari awal.

“diharapkan para peserta Pemilu menyiapkan sejak dini saksi, sehingga nanti pada hari H pemilihan di TPS itu tidak terdapat kekosongan saksi,” ungkapnya.

Lanjut dikatakan Rahmaniah, ke depan peserta Pemilu dapat merekrut saksi yang sungguh-sungguh memiliki kompetensi yang mumpuni, termasuk sikap jujur dan adil.

“tentunya untuk menghasilkan Pemilu yang jujur dan adil, diharapkan saksi yang direkrut oleh peserta Pemilu betul-betul kompeten, memiliki integritas tinggi terutama sikap jujur dan adil serta menjujung tinggi kebenaran,” urainya.

Selain materi dan pengarahan yang disampaikan Rahmaniah, Suaib Alimuddin mantan anggota Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar juga hadir sebagai pemateri dan sengaja dihadirkan dalam kegiatan itu.

Dalam pemaparan Suaib, dirinya lebih banyak menguraikan pengalamannya selama dirinya menjadi pengawas Pemilu. Dirinya berharao Pemilu tahun 2024 menjadi Pemilu yang berkwalitas, beradab dan demokratis.Karena itu dirinya mengajak para peserta kegiatan itu untuk sungguh-sungguh mengikuti kegiatan yang diadakan Bawaslu itu untuk dapat menambah pemahaman terkait dengan Pemilu, utamanya tahapan tungsura nantinya.

Menariknya, dalam sesi diskusi yang dipandu MS Tajuddin, koordinator sekretariat Bawaslu Kabupaten Polewali Mandar, secara bergantian peserta mengemukakan masukan, pendapat bahkan pertanyaan serta harapannya kiranya Pemilu 2024 dapat berlangsung adil jujur dan berkwalitas.

Bahkan sejumlah peserta juga berharap ke depan baik Bawaslu maupun KPU selaku penyelenggara Pemilu sungguh-sungguh dapat memposisikan dirinya sebagai lembaga yang mandiri dan imparsial.

#jal

RELATED ARTICLES

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments